Gejolak Myanmar, mirip dengan gejolak di Indonesia?

Selasa, Oktober 02, 2007

Belakangan ini banyak media massa yang terus menyoroti berita tentang gejolak yang terjadi di Myanmar. Masalah ini di indikasikan karena Junta Militer selaku Pemerintah yang berkuasa disana melakukan berbagai ketidakadilan terhadap warganya. Peristiwa ini memuncak saat Junta Militer memutuskan untuk menaikkan harga BBM menjadi 2 kali lipat (mirip di Indonesia ^^!), kemudian para Biksu yang selama ini memisahkan diri dari duniawi, merasa rezim yang berkuasa semakin tidak terkendali dan semakin kacau, oleh karena itu diadakanlah aksi Demo Damai besar-besaran dengan melibatkan 100 Ribu orang biksu dan ditambah lagi ribuan relawan dari Myanmar..
Aksi tersebut mendapatkan tekanan besar dari Junta Militer dan terus menerus diredam dan diboikot.. hingga berita ini ditulis situasi di Myanmar belum menemukan tanda-tanda perbaikan atau kesadaran dari pihak Pemerintah disana.

Apabila kita menilik sendiri ke kondisi negeri kita, hal yang terjadi disana mirip dengan yang terjadi di negeri ini pada saat zaman reformasi.. akankah negeri itu berhasil mencapai kemerdekaannya dalam proses demokrasi dan sebagainya?

Hanya waktu yang dapat menjawabnya..

0 komentar: